Rabu, 06 Februari 2013

MATA & PENGLIHATAN


Cuma mau luruskan persepsi umum: manusia modern lebih banyak berkaca mata dan berkaca mata lebih muda karena perubahan struktur tengkorak.

Jadi orang berkaca mata belum tentu karena rajin baca, tapi lebih karena pertumbuhan tulang tengkoraknya lebih cepat, jadi rongga soket mata membesar.

Karena rongga soket membesar, jarak lensa ke retina jadi menjauh, maka jatuhnya bayangan tidak tepat lagi - perlu dikoreksi dengan kaca mata.

Jadi kalau kita lihat ada anak umur 4-5 tahun sudah pakai kaca mata, itu karena pertumbuhan tengkoraknya lebih cepat, jadi bukan karena baca.

Tengkorak yang tumbuh lebih cepat bisa karena faktor genetik, bisa juga karena lingkungan - terutama gizi. Itu sebabnya kenapa kasus ini dulu langka.

Terlalu banyak baca atau main game di TV membuat mata lelah, tapi sebenarnya tidak terlalu berpengaruh terhadap perubahan pandangan jadi minus.

Minum vitamin A banyak-banyak atau makan wortel tidak memperbaiki lensa mata kita. Ini persepsi keliru dari jaman PD II, saat tentara dijejali vitamin A.

Solusinya ya terima apa adanya: pakai kaca mata atau operasi lasik (laser-assisted in situ keratomileusis). Apa itu Operasi Lasik?

Operasi Lasik adalah tindakan "memahat/mengukir" kornea mata dengan sinar laser agar bayangan penglihatan jatuhnya tepat di retina.

Dulunya tehnik "mengukir" kornea mata ini tidak pakai laser, tapi pakai pisau bedah halus. Diperkenalkan di Uni Soviet oleh Dr. Svyatoslav Fyodorov.

Tidak semua orang bisa langsung di Lasik agar penglihatannya normal. Ada usia minimum, sekitar 18 tahun, karena tengkorak sudah fixed posisinya.

Operasi Lasik relatif aman dan recovery-nya hanya 1-2 hari. Sekarang tarifnya sudah lebih murah, sekitar 8 jutaan per mata. Dulu, 15 juta.

Sayang Lasik belum ada di jaman Bruce Lee. Si jago kungfu itu sebenarnya bermata minus akut. Gengsi pakai kaca mata, tidak cocok dengan peran.

Karena ogah pakai kacamata, Bruce Lee sering sekali migrain berat. Untuk mengobati migrainnya, ia mengunyah daun Coca.

Akibat kebiasaan mengunyah daun Coca ini lah, ia terkena komplikasi dengan obat lain dan mengalami pembengkakan otak yang akibatkan kematian.

Nah, kisah yang dimulai dari kaca mata itu berakhirnya di Bruce Lee dan daun Coca…hehe. "Just because it's true doesn't mean it's boring "

Oh ya, mengapa kalau orang tua pakai lensa matanya plus? Mata tua. Otot sekitar lensa mulai tidak lentur. Biasa mulai usia 40. Apa obatnya kalau mata sering lelah karena kelamaan di depan komputer/tv? Pemadaman listrik….hehe. Jangan terlalu serius.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar