Rabu, 06 Februari 2013

HUTANG


Salah satu TV Nasional mengabarkan siang ini, nilai hutang Indonesia sudah sebesar 2000T rupiah. Seorang teman bertanya, kira-kira kapan ya bisa lunas? Untuk apa dilunasi? Memangnya ada negara di dunia ini yang melunasi utang? Tidak ada negara di dunia ini yang tidak berutang. Dalam ekonomi makro - utang adalah alat pengendali moneter.

Berapa rasio utang ideal bagi sebuah negara supaya tidak "bangkrut" macam Yunani misalnya? Tergantung pertumbuhan ekonominya. Biasanya di sekitar 60% PDB. Indonesia saat ini 24% PDB. Yunani 135% PDB. Jepang 250% PDB. Jadi prestasi maju / tidak nya sebuah negara tak bisa diukur dengan nominal utang yang ia miliki.

Utang hanya punya arti bila dibandingkan dengan pendapatan atau pertumbuhan pendapatan. Tidak bisa berdiri sendiri. Utang Rp 5 Juta itu besar atau kecil? Tergantung penghasilan kita. Apakah gaji kita Rp 5 Juta atau Rp 50 Juta sebulan? Sama dengan itu: Utang Rp 2000T itu besar atau kecil? Besar bila PDB Indonesia Rp 2000T, tapi PDB Indonesia sekarang kan Rp. 8000T. Dalam 2-3 tahun lagi PDB Indonesia diproyeksikan mencapai Rp. 10000T - apakah utang Rp. 2000T masih tetap besar? Tentu tidak. 

Agak susah membayangkan angka Rp 10000 Trilliun. Sepertimya boros banget ruang buat nulisnya. Mungkin itu sebabnya mengapa negara kita perlu melakukan redenominasi (bukan senering) mata uang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar