Rabu, 06 Februari 2013

10 Pesan Mahatma Gandhi



Mengubah Dunia 

  • Anda tidak harus kehilangan kepercayaan pada kemanusiaan. 
  • Kemanusiaan adalah seperti sebuah samudera, jika beberapa tetes air itu kotor, samudera itu tidak akan menjadi kotor. 
  • Perbedaan antara apa yang kita lakukan dan apa yang kita mampu lakukan akan cukup untuk memecahkan kebanyakan masalah di dunia. 
1. Ubahlah diri Anda sendiri. 

  • Anda harus menjadi perubahan yang ingin Anda lihat di dunia. 
  • Sebagai manusia, keagungan kita tidak terletak pada kemampuan kita. untuk mengubah dunia – yang merupakan mitos dari jaman dahulu, tapi karena kita dapat mengubah diri kita sendiri. 
2. Semua berada dalam kendali Anda. 
  • Tidak ada yang bisa menyakiti saya tanpa izin dari saya. 
3. Memaafkan dan membiarkannya pergi. 
  • Yang lemah tidak pernah bisa memaafkan. Memaafkan adalah atribut bagi yang kuat. 
  • Mata ganti mata hanya akan berakhir sampai membuat seluruh dunia buta. 
  • Memerangi kejahatan dengan kejahatan tidak akan membantu siapapun. 
4. Tanpa tindakan Anda tidak akan pergi ke mana pun. 
  • Satu ons tindakan lebih berharga daripada satu ton khotbah. 
5. Selalu berada di saat ini. 
  • Saya tidak ingin meramalkan masa depan. 
  • Saya berkonsentrasi hanya pada saat ini. Tuhan tidak memberikan saya kendali atas momen berikutnya. 
6. Semua orang adalah manusia.
  • Saya menganggap diri saya sebagai individu sederhana yang pasti memiliki kesalahan seperti halnya manusia lain. 
  • Saya sendiri, bagaimanapun, dengan kerendahan hati mengakui kesalahan-kesalahan saya untuk menelusuri kembali langkah-langkah saya. 
  • Tidaklah bijaksana untuk terlalu yakin pada kebijaksanaan sendiri. 
  • Adalah bijak mengingatkan bahwa mungkin yang dianggap terkuat adalah yang lemah dan yang dianggap paling bijaksana mungkin yang keliru. 
7. Jangan menyerah. 
  • Pertama, mereka akan menyangkal Anda, kemudian mereka menertawakan Anda, lalu mereka berusaha memerangi kamu, pada akhirnya mereka akan menerima kamu. 
  • Tetaplah berpegang teguh. Pada saatnya perlawanan di sekitar Anda akan luntur dan berpaling. 
  • Keberhasilan atau kemenangan jarang datang secepat yang Anda inginkan. 
8. Melihat kebaikan pada orang lain dan membantu mereka.
  • Saya hanya melihat kebaikan. Saya merasa diri saya tidak sempurna, maka saya tidak akan berani menyelidiki kesalahan orang lain. 
  • Manusia menjadi besar ketika ia bekerja untuk kesejahteraan sesama-manusia. 
  • Saya kira kepemimpinan pada waktu dahulu berarti otot, tetapi hari ini berarti berbaur dengan orang-orang. 
9. Jadilah selaras, jadilah otentik, jadilah diri sejati Anda. 
  • Kebahagian ad ketika apa yang Anda pikirkan, apa yang Anda katakan, dan apa yang Anda lakukan berada dalam keselarasan. 
  • Selalu bertujuan menyelaraskan pemikiran, kata dan perbuatan. 
  • Selalu bertujuan memurnikan pikiran dan semuanya akan baik-baik saja. 
10. Terus tumbuh dan berkembang. 
  • Perkembangan konstan adalah hukum kehidupan. 
  • dan seseorang yang selalu berusaha untuk mempertahankan kekakuan dan dogmanya akan membawa dirinya ke posisi yang salah. 
Sumber dari buku “Ghandi’s TOP 10 Fundamentals for Changing The World oleh Henrik Edberg.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar