Rabu, 06 Februari 2013

KIAMAT SUKU MAYA


Setiap 5125 tahun bumi dan tata surya kita mencapai suatu tempat yang menandai sebuah akhir - seperti siklus. Hanya lima generasi dalam 26.000 tahun terakhir yang telah mengalami pergeseran jaman ini. Kita akan menjadi yang keenam.

Dunia ini akan berakhir pada waktu tertentu,dengan peristiwa tertentu, pada suatu hari yang ditandai oleh kalender yang ditulis 2.000 tahun yang lalu. Tidak ada yang rahasia tentang tanggal tersebut. Bangsa Maya yang telah menghitung kalender tersebut juga menuliskan hal ini sebagai catatan permanen untuk generasi mendatang. Tanggalan ini telah terukir di batu monumen yang dibangun untuk bertahan hingga akhir waktu.

Ketika tanggal tersebut diterjemahkan ke sistem waktu kita, pesan itu menjadi jelas. Pesan ini memberitahu kita bahwa umur dunia kita saat ini akan berakhir pada saat titik balik matahari di musim dingin yang terjadi pada tanggal 21 Desember di tahun 2012. Pada tanggal ini bangsa Maya yang misterius telah mengidentifikasi peristiwa astronomi yang mengejutkan yang menandai akhir zaman kita, dan mereka telah melakukannya lebih dari dua ribu tahun yang lalu. Apakah Artinya ini?

Apakah artinya saat-saat yang langka tersebut dalam sejarah astronomi pada kehidupan kita hari ini? Yang benar adalah bahwa tidak ada yang tahu pasti. Kita tidak bisa, karena tidak ada yang hidup hari ini yang memiliki pengalaman langsung saat kejadian ini terjadi di masa lalu.

Ini adalah kisah perjalanan-perjalanan kita yang dimulai begitu lama yang telah berlangsung 256 generasi dan lima ribuan tahun untuk mencapai akhir jaman. Sekarang kita akan mengalaminya kembali. Kita menemukan bahwa akhir jaman ini sebenarnya adalah awal dari sebuah perjalanan baru.

Penyair dan visioner TS Eliot bisa menggambarkan dengan sangat baik tentang ironi dari sebuah akhir menjadi sebuah awal: Kita tidak akan berhenti dari eksplorasi/dan akhir dari semua yang kita eksplorasi/akan tiba di mana kita memulai/ dan mengetahui tempat itu untuk pertama kalinya.

Ini bukan hanya tentang siklus. Ini tentang kemampuan kita untuk mengenali pola dan di mana kita berada dalam siklus tersebut. Sementara para ilmuwan kuantum mengatakan kepada kita bahwa kita tidak pernah bisa memprediksi masa depan yang tepat, dan apa yang dapat kita memprediksi adalah siklus probabilitas untuk masa depan.

Ini persis menunjukkan tentang adanya pengulangan siklus waktu. Setiap kali siklus ini muncul, akan mengulang kondisi umum yang membuat sesuatu menjadi sebuah kemungkinan, daripada sebuah hasil yang tepat. Jika kita tahu di mana kita berada dalam siklus, maka kita akan mengetahui apa yang akan terjadi ketika hal itu berulang.

Kunci untuk masa depan kita terletak pada kebijaksanaan masa lalu kita. Pada 21 Desember 2012, sinkronisasi galaksi besar akan terjadi. Tanggal ini menandai akhir dari siklus 26.000 tahun yang berpengaruh atas pengalaman manusia, serta akhir siklus 5.200 tahun, dan juga akhir dari banyak lagi sub-siklus, yang semuanya memiliki sinkronisitas satu sama lain.

Meskipun peristiwa 2012 ini kemungkinan akan menjadi waktu yang sulit secara fisik, ini juga akan menjadi salah satu kesempatan rohani yang luar biasa. Ketika siklus Mayan berakhir pada 21 Desember 2012, dunia kemungkinan besar akan terkoyak oleh ketidakseimbangan emosional. Hal terbaik dari tahun 2012 adalah kesempatan memperoleh karunia. Pergantian siklus kosmik besar ini menawarkan lompatan kuantum yang tiba-tiba menciptakan lingkungan untuk pertumbuhan rohani. Peringatan akan datangnya kiamat ditahun 2012 bukan untuk kita percayai akan terjadi tepat pada waktu itu, karena tak seorangpun bisa meramalkan secara tepat kapan kiamat sesungguhnya akan terjadi. Hanya Tuhan Yang Maha Tahu. Hikmahnya, kita seakan diingatkan kembali bahwa kiamat pasti akan datang, entah kapan dan bisa kapan saja, dan kita masih diberi waktu untuk lebih menyiapkan diri untuk menempuh perjalanan terakhir tepat seperti yang dijanjikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar