Rabu, 06 Februari 2013

Black Card


Dikalangan selebriti dunia muncul rumor bahwa ada kartu kredit yang tak ada batasnya (limitless). Disebut."Black Card." Benarkah kartu hitam itu ada? Ternyata cuma rumor.

American Express memanfaatkan rumor itu - dengan menerbitkan "Charge Card" sangat eksklusif yang dibuat berwarna hitam. "Black Card" versi American Express ini kemudian berganti nama jadi Centurion Card, karena masalah branding. Amex Black card by invitation only. Hanya bisa diperoleh berdasarkan undangan. Dipilih dari pemegang Kartu Platinum. Orang yang diundang selanjutnya dikenakan biaya awal US $5000 dan ditambah $2500 biaya tahunan.

Membernya dapat fasilitas khusus. Apa saja? Misalnya sewa mobil saat bepergian. Ada harga khusus untuk sewa Ferrari, Lamborghini atau Bentley.

Yang disebut sebagai "Black Card" adalah kartu kredit dengan limit tak terhingga. Bagi bank secara finansial ini berbahaya. Itu sebabnya yang disebut "Black Card" hanyalah rumor. Tidak ada bank yang sanggup menerbitkan kartu kredit tanpa batas secara sesungguhnya.

Kartu kredit dengan limit sangat tinggi saja - bisa sangat berbahaya. Contoh paling terkenalnya adalah Elton John. Di sekitar tahun 2002, Elton John memiliki tagihan kartu kredit $2 Juta per bulan. Dengan beban bunga dan tambahan $400 ribu. Belanja Elton John memang ngawur-ngawuran. Ia pernah menghabiskan 293 ribu poundsterling dalam 20 bulan - hanya untuk membeli bunga.

Elton John menuntut PriceWaterhouseCoopers dan akuntannya: Andrew Haydon, karena dianggap tidak becus mengurus keuangannya. Duit hasil kontrak Elton John dengan Polygram sebesar 40 Juta Pound, ludes dalam waktu kurang dari 2 tahun. 30 Juta pound lewat kartu kredit. Dan ada kejadian di mana kartu kredit Elton John digandakan oleh penjahat di sebuah restoran di New York. Berbulan-bulan baru ketahuan. Mengapa lama sekali baru ketahuan? Karena belanja kartu kredit Elton John besar sekali. Jadi dicuri orang pun ia tidak tahu. Jadi pengen tahu, Ratu Elizabeth II limit kartu kreditnya berapa ya? Point rewardnya sudah berapa? Pernah di redeem nggak ya? Hehehe…ada-ada saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar