Senin, 15 Juli 2013

NOBEL


Kalau Alfred Nobel tahu apa yang terjadi dengan temuannya, mungkin dia sekarang nangis Bombay. Alfred Bernard Nobel adalah penemu dinamit yang juga penggagas penghargaan Nobel. Alfred Bernhard Nobel seorang pemalu, penyendiri, penyuka sastra inggris, penyuka bahan beledak, tapi bisa dipastikan dia bukanlah teroris. Minat Alfred Nobel kepada bahan peledak tidak surut meskipun percobaannya dengan nitrogliserin menewaskan 5 orang dekatnya, termasuk adik bungsunya. Nobel menemukan: dinamit (yang dibuat dari ganggang diatomae), tutup detonator, gelatin yang bisa meledak dan bahan-bahan peledak yang lebih kuat lagi. Banyak yang mengira bahwa Alfred Nobel penyuka perang, sebenarnya dia berharap peledak-peledaknya bisa mengakhiri peperangan. Harapannya sia-sia.

Nah, Kekayaan Nobel yang didapatkan dari hasil temuan-temuannya sangat melimpah, tapi dia tidak pernah berfikir untuk mewariskan kekayaannya itu. Mister Alfred ini bukannya mewariskan lading-ladang minyak dan jutaan dolar harta kepada kerabatnya, dia malah memberikan "Hadiah Nobel" kepada dunia. Tahun 1895, Nobel menandatangani surat wasiat yang isinya bahwa dia akan memberikan penghargaan dan hadiah uang yang diambilkan dari kekayaannya. Hadiah Nobel diberikan kepada: “orang yang memberi kontribusi paling bermakna demi kebaikan umat manusia dalam kurun waktu setahun terakhir", tulisnya.

Sekarang, yayasan Nobel berkedudukan di Stockholm, dikelola oleh 6 orang anggota dan seorang ketua yang ditunjuk oleh pemerintah Swedia. Tugas Yayasan Nobel adalah mengawasi investasi uang Alfred Nobel, dan bunga dari investasi tersebut diberikan sebagai hadiah. Setiap tahun, dari tanggal 1 oktober s/d 15 november, 4 lembaga yang ditunjuk yasasan bertemu untuk memutuskan siapa penerima hadiah Nobel tahun itu. 4 lembaga ini memutuskan siapa-siapa orang yang paling terkemuka di bidang-bidang fisika, kimia, kedokteran, sastera dan perdamaian. Hadiah Nobel tahunan untuk bidang ekonomi baru mulai diberikan pada tahun 1968.

The Royal Swedish Academy of Science adalah lembaga yang ditunjuk untuk menganugerahkan hadiah Nobel dalam bidang fisika, kimia dan ekonomi. Rumah sakit Caroline Institute, adalah lembaga yang ditunjuk memberikan hadiah Nobel untuk bidang kedokteran. Hadiah Nobel bidang sastera dianugerahkan oleh 18 orang penulis yang tergabung dalam lembaga Swedish Academy. Dan orang Norwegia (tetangga Swedia), ada 5 orang yang ditunjuk oleh Storting (parlemen) di Oslo, menganugerahkan hadiah Nobel bidang perdamaian.

Keempat lembaga tersebut tiap tahun bertemu membentuk 5 Komite Nobel yang masing-masing mempunyai 3-5 anggota. Mereka mengumpulkan ahli-ahli untuk memberi saran. Walaupun hadiah Nobel sering diberikan kepada orang yang paling berjasa di bidangnya, tidak terelakkan praduga dan politik mewarnai keputusan itu. Orang Swedia cenderung mendukung Jerman dalam sains, meremehkan sastra Amerika, menghindari pemberian hadiah sains dan sastera kepada orang Rusia.

"Behind the Award", tajuk dalam Nobelshiftelsens Kalender, diterbitkan setiap tahun oleh Yayasan Nobel, mengungkap sedikit susunan dan metode mereka. Dalam tajuk “Behind th Award" bisa dilihat bahwa susunan dari Akademi dan metode panitia penghargaan Nobel tidak selalu obyektif.

Hadiah Nobel sastera pertama diberikan tahun 1901 kepada René FA Sully Prudhomme, dipilih mengalahkan Leo Tolstoy! Orang Rusia kelaut aja. Tolstoi tersingkir karena Dr Carl David Wirsen (penentang keyakinan keagamaan Tolstoy) melaporkan bahwa Tolstoy mendukung anarkisme. Tolstoy juga dilaporkan tidak menghargai hadiah uang tunai untuk artis. Pihak Akademi Nobel yang anti Rusia dengan senang hati mendukung pandangan ini.

Hadiah Nobel untuk Ernest Hemingway tahun 1954 bukan untuk menghargai si penulis, tapi untuk menghargai salah seorang anggota Akademi, Per Hallstrom! Per Hallstrom yang berusia 90 tahun menghadapi masa pensiun mengagumi “The Old Man and the Sea", alasan ini membuat Hemingway dapat hadiah Nobel!

Hadiah Nobel bidang sastera yang mengejutkan terjadi tahun 1973, yang jatuh kepada Patrick White, menyisihkan Grahan Green dan Vladimir Nabokov. Hadiah Nobel untuk Patrick White berpangkal dari upaya distribusi geografis. Ini adalah hadiah sastra pertama untuk orang di benua Australia!

1965, Richard P Faynman bersama dengan JS Schwinger & Sin-itiro Tomonaga, menangkan Nobel bidang fisika, atas riset elektrodinamika kwantum. Rupanya anggota Akademia juga mempersoalkan kehidupan pribadi calon-calon penerima hadiah Nobel dan ini yang terjadi pada Feynman. Feynman menemukan elektrodinamika kwantum tahun 1949 dan baru menerima hadian Nobel pada tahun 1965. Sangat kental praduga dan politis.

5 orang Norwegia yang menjadi juri menetapkan dengan berani memilih Carl von Ossietzky sebagai penerima hadiah Nobel perdamaian tahun 1935. Terpilihnya Ossietsky yang membuka penumpukan senjata yang dilakukan secara rahasia oleh Hitler, menimbulkan reaksi keras dari orang-orang pro Nazi. Akibatnya, 5 orang juri yang memilih Ossietzky itu ditangkap oleh Nazi ketika pasukan jerman menyerbu Norwegia.

Hadiah Nobel perdamaian 1971 yang diberikan kepada Willy Brant adalah upaya mengurangi permusuhan Timur-Barat dipilih secara aklamasi. Tapi 1973 terjadi kegemparan, ketika Henry Kissinger terpilih menerima hadiah Nobel perdamaian. Yang disebut “hadiah perang" oleh The New York Times. Terpilihnya Henry Kissinger sebagai pemenang Nobel perdamaian 1973 berbuntut pengunduran diri dua anggota komite.



Meski ada banyak opini dan kontroversi, selama bertahun-tahun hadiah dianugerahkan kepada orang-orang luar biasa dan pantas menerimanya, seperti keinginan Nobel. Meski sudah banyak etnis yang nemerima penghargaan, tapi sejauh ini belum ada spesies selain manusia yang menerima hadiah Nobel :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar