Sabtu, 27 Juli 2013

WAKTU


Alber Einstein menyimpulkan bahwa masa lalu, masa kini, dan masa depan semua ada secara bersamaan.

Neale Donald Walsch berpendapat: Tidak ada waktu kecuali waktu ini. Tidak ada momen kecuali momen ini. Hanya ada “sekarang”. Waktu yang kita sadari ada sebenarnya adalah khayalan dan imajinasi kita, kontruksi dalam pikiran kita. Waktu yang kita sadari ada dalam realitas tertinggi sebenarnya tidak ada.

Segala yang pernah terjadi, sedang terjadi, dan yang akan terjadi, semua terjadi saat ini juga. Waktu bukanlah sesuatu yang berkelanjutan, itu hanyalah unsur relativitas yang hadir secara vertikal, bukan horizontal.

Kitalah yang sebenarnya bergerak, bukan waktu. Waktu tidak punya gerakan, yang ada adalah sebuah momentum. Waktu adalah cara kita menghitung gerakan gerakan itu.

Einstein dan rekan-rekannya menyadari bahwa waktu adalah kontruksi mental, sebuah konsep relasional. Kita selalu berada di tempat kesinambungan ruang-waktu dimana kita secara sadar tidak menyadari peristiwa itu.

Gunakan waktu sebagai kerangka, dalam pemahaman kita yang terbatas itu, yang diatasnya kita menempatkan konstruksi ide-ide kita yang paling besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar