Sabtu, 27 Juli 2013

Media Penyimpan Data 5D


Tak lama lagi media untuk penyimpanan data seperti DVD/ Blu-ray sudah ketinggalan jaman dan layak masuk musium.

Para ilmuwan di University of Southampton di Inggris telah berhasil menciptakan penyimpan data 5 dimensi - Five-dimensional (5D), ultra-high-density storage on standard silica glass discs - media penyimpanan ultra-high-density pada standard silica glass discs.

Tidak seperti DVD atau Blu-ray, tampaknya 5D mampu menyimpan data untuk periode tak terbatas (unlimited periode) tanpa penurunan integritas data. Para ilmuwan mengatakan bahwa penyimpanan optik 5D memungkinkan untuk kepadatan setinggi 360 terabyte per disc. Kecuali sengaja dihancurkan, cakram ini tidak mudah rusak dan data yang tersimpan di dalamnya bisa "bertahan sepanjang kehidupan umat manusia. Luar biasa

Pada penyimpanan 5D ini, data yang benar-benar disimpan pada 5 dimensi yang berbeda. Untuk merekam data, digunakan laser femtosecond. Sebuah laser femtosecond, dalam hal ini, menghasilkan semburan sinar laser yang berlangsung selama hanya 280 femtosekon (280 quadrillionths per detik).

Tak lama lagi, ketika kecepatan internet mencapai taraf tertentu, maka kita segera memasuki revolusi multimedia dimana kita tak lagi menonton TV dengan cara biasa, tapi sudah melalui internet. Pada waktu itu kita bisa dengan mudah mengakses siaran TV seluruh dunia dari pesawat TV kita dirumah. Salam.
http://www.extremetech.com/extreme/160928-five-dimensional-glass-memory-can-store-360tb-per-disc-rugged-enough-to-outlive-the-human-race


Tidak ada komentar:

Posting Komentar