Senin, 15 Juli 2013

APEL


Apel adalah anggota keluarga mawar (Rosaceae) dan dari spesies Malus domestica. Arkeologis telah menemukan bukti bahwa manusia sudah menikmati buah apel sejak 6.500 sebelum masehi.

Buah apel segar yang dilempar ke air akan mengapung karena 25% dari volume mereka adalah udara. Terdapat 7.500 jenis apel, yang terkenal: Red Delicious Apple, Apple Gala, Golde Delicious Apple, Granny Smith Apple, Apple Fuji. Apel terberat tercatat di Jepang dengan berat mencapai 1,849 kg.

Sayangnya bangsa kita akan semakin jarang makan buah apel. Karena proteksi buah ekspor yang dilakukan pemerintah, harga apel impor sudah naik lebih dari 2 kali lipat. Bukankah ada apel Malang? Sama saja. Karena suplai terbatas harga buah lokal ikut naik. Harga apel lokal juga sudah naik 2 kali lipat. Begitu pula dengan buah lokal lainnya.

Ketika pemerintah (kementerian pertanian) tengah mengambil hati petani buah, masyarakat konsumen yang menjadi korban. Padahal sesungguhnya petani buah juga tak terlalu menikmati kenaikan harga tersebut. Pedagang pengumpul dan distributor yang lebih menikmati, beserta pejabat pemerintah korup yang menerima suap dari mereka. Mereka kira kita tidak tahu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar