Sabtu, 27 Juli 2013

Fenomena Puasa & Lebaran


Ada 2 fenomena unik ketika puasa Ramadhan dan menjelang lebaran Iedul Fitri. Pertama harga kebutuhan pokok naik dipasar. Kalau kenaikan harga daging sapi sudah tidak aneh. Tapi naiknya harga-harga bahan pangan lainnya merupakan fenomena tersendiri. Kenaikan harga biasanya disebabkan oleh pasokan tak sesuai kebutuhan. Memang salah satu alasan kenaikan harga tersebut yang sering disebutkan di pemberitaan adalah meningkatnya konsumsi masyarakat selama puasa Ramadhan. Ini yang aneh, karena tadinya saya pikir konsumsi akan menurun karena banyak orang yang berpuasa. Ternyata fakta berkata lain, konsumsi justru meningkat. Apa yang keliru?

Fenomena kedua adalah mudik lebaran. Kecenderungan mudik di waktu lebaran telah menjadi budaya. Sebuah keharusan yang tak terhindarkan. Seakan ada dorongan dari dalam untuk melakukannya. Mungkinkah sudah tertulis dalam genom masing-masing? Saya jadi teringat kisah tentang “great migrations” di TV National Geographic. Kisah tentang kumpulan binatang tertentu yang selalu melakukan perpindahan secara berkelompok, seringkali menempuh jarak ribuan kilometer. Sekumpulan bison, burung, ikan, kepiting, dll. Bahkan sekumpulan kupu-kupu melakukan migrasi berulang dari Mexico ke Kanada pulang pergi dalam waktu setahun yang melibatkan 3 generasi.

Manusia ternyata juga memerlukan migrasi sekali setahun, ketika lebaran tiba. Dan mereka tak menghiraukan jarak yang jauh, cuaca yang tak ramah dan keselamatan terancam demi memenuhi hasrat tersebut. Seperti ketagihan.

Fenomena alam memang unik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar