Senin, 15 Juli 2013

Software Kenangan


Teman lama kita, Lotus 123 akhirnya berakhir juga. Goodbye, Lotus 1-2-3 http://www.zdnet.com/goodbye-lotus-1-2-3-7000015385/

Standar keahlian komputer jaman dulu: WordStar, Lotus 1-2-3, dan dBase II. dBase III+ SW bagus, sayang arsiteknya, John Tate meninggal karena kecelakaan. Padahal sedang menyiapkan versi compilernya.

Kalau game ya tetep Digger. Digger itu suaranya beneran ganggu banget. Tapi reputasinya tak terkalahkan sebagai game wajib di setiap kantor. Setelah itu ada Tetris sebagai mainan wajib. Sampai kena "Tetris Effect" saat lihat tembok kosong. Tetris Effect itu efek psikologi sesudah kebanyakan main Tetris. Saat lihat tembok kosong, jadi seperti melihat potongan Tetris jatuh.

Ada yang pernah mengalamin Tetris Effect? Saya sampai berhari-hari. Baru hilang setelah ganti main Sokoban. Weleh, Sokoban, sudah lama sekali tidak mendengar nama itu disebut. Jadi ingat permainan susun kotak-kotak itu. Sekarang sudah ada versi apps-nya di Android.

Hampir semua yang main Tetris pernah mengalami Tetris Effect, sampai jadi studi psikologi. Oh ya, Tetris ada tombol emergency: "Esc," jaga-jaga kalau boss tiba-tiba muncul. Kalau dipencet layar langsung berubah menjadi tampilan worksheet Lotus 1-2-3.

Lalu ada game ramal-ramalan kartu remi: Soliter yang lumayan mengasikkan dikala senggang.

Setelah pakai WordStar saya pindah sebentar ke WordPerfect, lalu mencoba AmiPro, sebelum akhirnya pakai MS Word sampai sekarang. Ami Pro punya Lotus, tapi kemudian seluruh paket berpindah jadi milik IBM sewaktu Lotus dibeli oleh IBM.

Kalau spreadsheet mulainya dari Lotus 123, lalu ke Quattro Pro, sebelum akhirnya pakai MS Excel. Quattro Pro buatan Borland, lebih bagus dari Lotus 123, tapi akhirnya juga kalah oleh MS Excel karena interface Excel lebih bagus.

Borland adalah pembuat Turbo Pascal! Software programming saya yang pertama. Wah, sekarang udah lupa semua komandonya.

Untuk presentasi, sebelum pakai MS PowerPoint, dulu banyak yang pakai software Harvard Graphics dan Lotus Freelance.

Oh ya sebelum lupa, Virusnya waktu itu gangnya Mardi Bros, cBrain dan Denzuko. Masih ingat?....LOL.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar