Senin, 15 Juli 2013

ENERGI LUMUT


Sebetulnya sebagai salah satu sumber masalah kisruh BBM kita, karena lifting migas kita yang tidak kunjung naik. Selain lifting migas tidak nambah, pemanfaatan energi terbarukan juga jalan ditempat. Sehingga seperti efek domino terhadap BBM kita.

Sebetulnya Kita kaya akan keragaman energi, cuma mindset kita masih terfokus pada energi fosil, termasuk migas dan batubara. Energi terbarukan yang tidak terpengaruh dengan gejolak pasar minyak dunia, tidak digarap. Nanti kalau pihak asing yang garap baru ribut.

Lumut ternyata menyimpan biogas yang besar, yaitu penghasil gas methane yang bisa sebagai sumber energi yang ramah lingkungan dan murah. Lumut atau bahasa inggrisnya Algae, gampang tumbuh di negara-negara tropis seperti di Indonesia. Sehingga bisa jadi sumber energi yang sustain. Lumut, selain sumber energi, juga termasuk penyerap C02 yang rajin. Jadi sangat tepat sebagai penurun emisi gas rumah kaca.

Belum lama ini di Hamburg dan Los angeles, sudah ada inovator yang mengembangkan lumut sebagai sumber energi terbarukan. Daripada kita ribut soal BBM, mari kita lihat sekeliling kita, apakah terdapat banyak lumut? Kalau iya bakal kaya kita.

Demikian ocehan hari minggu, tentang sumber energi terbarukan yang berasal dari lumut atau algae. Siapa tahu bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar