Selasa, 28 Mei 2013

Rekor Marathon Olimpiade


Rekor Marathon Olimpiade tercepat adalah 2 Jam 6 Menit 32 detik yang dipecahkan Samuel Kamau Wanjiru saat Olimpiade Beijing. Yang mungkin terlupakan adalah Rekor lari Marathon terlambat dalam sejarah Olimpiade. Rekor ini dipecahkan tahun 1967.

Berawal dari ikut sertanya atlet Jepang Shizo Kanakuri pada Olimpiade di Stockholm tahun 1912. Saat itu perjalanan sangat lama. Untuk mencapai Stockholm, Shizo Kanakuri menempuh perjalanan udara sepanjang 18 hari. Tidak heran saat Olimpiade ia lelah. Saat lomba lari Marathon Olimpiade berlangsung, Shizo Kanakuri yang kelelahan berhenti istirahat setelah menempuh jarak 30 km. Ia berhenti di sebuah rumah, minta segelas air. Setelah minum, Shizo Kanakuri duduk di sofa lalu tertidur. Baru terbangun esoknya.
Di tahun 1967, di usia 76 tahun, Shizo Kanakuri diundang kembali ke kota Stockholm untuk menyelesaikan lari marathon-nya. Dan Shizo Kanakuri pun melanjutkan larinya hingga mencapai garis Finish. Rekor waktunya: 54 Tahun 8 Bulan 6 Hari 32 Menit dan 20,3 Detik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar