Senin, 21 Januari 2013

PEKERJA MIGRAN - Pahlawan Devisa


Tahun 2011, sekitar 215 juta pekerja migran dunia mengirim $372 Milyar ke negara asal masing-masing. Tahun 2010? $332 Milyar. World Bank memperkirakan kiriman uang para pekerja ke negara asal ini akan mencapai $467 Milyar pada tahun 2014 mendatang. 

Pekerja migran mana pengirim uang terbanyak ke kampung halaman? Pekerja India. Mereka mengirim $64 Milyar pada tahun 2011. Di tempat kedua: pekerja migran China. Mereka mengirim $62 Milyar. Posisi 3: pekerja migran Mexico, mengirim $24 Milyar. Posisi ke-4 ditempati Filipina. Pekerja migrannya mengirim pulang $23 Milyar sementara pekerja Mesir $14 Milyar di 2011.

Berapa banyak uang yang dikirim pulang oleh pekerja migran Indonesia? Resminya sebesar $6,9 Milyar di tahun 2011. Angka $6,9 Milyar itu dari TKI yang resmi. Masih ada pula TKI gelap yang mengirim uang lewat jalur tidak resmi. Angka Indonesia sekitar $6,9 Milyar setara Rp. 63,5 Trilyun. Luar biasa, kurang lebih separuh APBN Indonesia. Lebih besar dari pendapatan royalti tambang non-migas Pemerintah!.

Tentang pengiriman uang pekerja migran, Filipina luar biasa. Budget pemerintah setara $37 Milyar versus remittance $23 Milyar. Tidak heran Filipina sangat melindungi kepentingan pekerja migran mereka, karena ukuran remittancenya hampir sebesar anggaran pemerintah. Filipina mulai bergeser ke tenaga kesehatan seperti perawat, dari sebelumnya pembantu rumah tangga. Demandnya tinggi. Mudah-mudahan suatu saat Indonesia pun bisa mengisi posisi itu, sehingga perlindungan dan penghasilannya bisa lebih baik.

Tahukan anda bahwa Blitar ternyata masuk daerah utama asal TKI Indonesia di luar negeri. Mengapa Blitar? Karena di masa Orde Baru, daerah itu masuk daerah ex-PKI. Eks karesidenan Madiun seperti Ponorogo, Nganjuk dan sekitarnya juga menjadi kantong-kantong TKI. Di masa Orde Baru KTP keluarga ex-PKI ditandai, sehingga mereka susah dapat kerja di dalam negeri. Terpaksa ke luar negeri. Musibah yang membawa hikmah. 


Dalam setiap peristiwa selalu tersembunyi rahasia Tuhan. TKI patut dilindungi kepentingannya. Seperti juga guru, TKI juga patut diberi penghargaan. Mereka adalah pahlawan devisa tanpa tanda jasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar