Kamis, 24 Januari 2013

MANUSIA BARU


Sebenarnya setiap dari kita adalah "manusia baru" setelah periode waktu tertentu. Mengapa? Karena sel tubuh kita berganti. Sel dinding dalam lambung berganti tiap 5 hari. Sel darah menempuh 1600 km aliran darah sebelum berakhir di usia 120 hari. Sel kulit terluar kita berganti setiap sekitar 2 minggu. Terbuang tanpa kita sadari. Di bawahnya tumbuh sel baru. Sel dalam hati (liver) kita memiliki umur antara 300-500 hari. 

Dan ternyata bahkan sel tulang kita pun berganti. Walau tiap sel tulang berganti dengan kecepatan berbeda, tapi tiap 10 tahun sebenarnya seluruh tulang kita diperbaharui. Sel otot yang melekat pada tulang iga kita, berumur 15 tahun. Sel kulit bagian dalam pencernaan berganti tiap 16 tahun.

Yang masih sulit diketahui berapa lama usianya adalah sel otot jantung. Dipastikan berganti, tapi sulit diukur berapa lama. Sel otak juga sulit dihitung usianya, tapi dipastikan selnya selalu berganti. Dulu dikira sel otak berhenti tumbuh di usia 23. Ternyata lewat dari usia 23 pun, masih terbentuk sel-sel otak baru, walaupun jumlah totalnya menurun. Yang mati lebih banyak.

Nah, kalau sel otak ternyata juga berganti - lalu ingatan/memory kita disimpannya dengan cara apa? Itu masih misteri. Lalu mengapa kita menjadi tua? Karena proses pembaruan melambat.

"The first 30 years of your life, you make your habits, the last 30 years of your life, your habits make you" - Hindu saying

Tidak ada komentar:

Posting Komentar