Jumat, 25 Januari 2013

KIAMAT 21-12-12


Ada yang percaya bahwa kiamat akan terjadi pada tanggal 12-12-12 ini seperti di film 2012 :). Ngeri juga membayangkan alam raya ini mengkerut total (big crunch). Seperti mobil yang dihancurin dengan alat penjepit. Krekkk-krekkk.
Ada yang bilang: Bagaimana kalau bumi + manusia ini hanyalah eksperimen makhluk di planet/ galaksi lain yang jauh lebih maju peradabannya? Tapi saya memang bertanya-tanya terus: Apakah ada "makhluk berkesadaran kompleks" lain selain manusia di alam raya ini?. Lalu apakah atau siapakah "Tuhan" itu? Maksudnya bukan dari sudut pandang agama lho ya. Tapi murni "science". Dalam konstelasi alam raya yang besarnya minta ampun ini (ampun deh!), 

Tuhan itu apa, atau siapa?. Apakah "Tuhan" itu hanyalah "bahasa metaforik" saja yang diciptakan manusia dari zaman pra-science? Atau apa?. Apakah Tuhan itu seperti kata kaum Deis, yaitu "hukum alam" ini? Atau Dia adalah Zat Personal seperti kata agama?.

Menarik lho mengintip pikiran mistikus besar Muslim Ibn Arabi. Ada dua jenis Tuhan menurut dia. Menurut Ibn Arabi, ada Tuhan ciptaan manusia sendiri yang disebut "ilahul mu'taqadat", Tuhan sesuai yang dibayangkan manusia. Substansi sempurna hasil proyeksi keinginan manusia akan kesempurnaan. Tapi, menurut Ibn Arabi juga, ada Tuhan pada diriNya sendiri. Ini Tuhan rahasia yang tak akan mampu diketahui manusia. BIG MYSTERY. Teori Ibn Arabi tentang dua jenis Tuhan itu pasti menarik kalau dibaca dalam kerangka sains. Maksud saya, teori Ibn Arabi membuka jalan dialog yang konstruktif antara agama/Tuhan dan sains.

Apakah makhluk berkesadaran kompleks seperti manusia itu adalah "puncak evolusi alam raya"? Atau masih akan ada jenis spesies lain? Satu juta tahun dari sekarang, kira-kira seperti apa peradaban bumi ini? Atau seperti apa corak manusia ini?

Bagaimana jika bumi mengalami "implosion", pecah dari dalam? Apakah riwayat manusia berkesadaran kompleks tamat di alam raya ini? Andai, ini andai lho ya, riwayat makhluk berkesadaran kompleks tamat karena bumi meledak, apa masih ada gunanya alam raya ini?. Jika makhluk berkesadaran kompleks hanya satu, yaitu di bumi, dan bumi punah karena implosi, lalu buat apa alam raya ini?

Pertanyaan yang menarik juga: Kalau alam raya punah dengan cara "big crunch", alam mengkerut seperti balon, apa akan ada "big bang" lagi setelah itu? Jika ada "big bang" setelah "big crunch", kira-kira spesies seperti apa yang akan muncul? Apakah melalui hukum evolusi juga atau hukum lain? Ada teori mengatakan bahwa “Big Bang-Big Crunch” terjadi sekuensial. Jadi universe ini lahir-mati-hidup sudah berulang kali. Kalau menurut penulis sci-fi Arthur C. Clarke, spesies masa depan (advanced civilization) akan tinggalkan "raga" menjadi “kesadaran” (consciousness) tanpa tubuh.

Banyak pertanyaan lain yang masih menghujani pikiran saya tentang alam raya ini. Membuat saya mengalami "demam pikiran". Ciri khas manusia: terus bertanya dan bertanya. Yang tidak pernah bertanya, berarti guru.
Tapi yang menarik, manusia sekarang punya bahasa baru untuk membicarakan alam raya ini. Yaitu bahasa sains. Sebelum ada sains modern, dulu manusia hanya punya bahasa terbatas untuk membicarakan alam raya: bahasa agama.
Seorang teman saya mengatakan, kalau ada manusia yang tidak pernah salah, bisa dipastikan itu species yang baru…hehehe. Kalau kiamat harus terjadi tanggal 12 Desember 2012, seperti di film 2012, tidak apa-apa lah, asal bisa hidup kaya raya dan mati masuk sorga….hahaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar