Kamis, 24 Januari 2013

BUKU


Hari ini saya mengunjungi toko buku gramedia di sebuah mall di Jakarta Selatan. Terdapat ribuan buku yang dipajang dan dijual disana. Pemandangan setiap masuk ketoko itu selalu membuat saya takjub. Begitu banyak karya tulis yang merupakan buah pikiran banyak orang dari seluruh seluruh penjuru dunia yang bermuara ke sini. Dari buku-buku itu kita kemudian menyadari betapa kaya dan beragamnya pemikiran manusia. Betapa tak pernah keringnya karya dan kreativitas mereka. Uniknya, pembeli yang datang juga punya pemikiran beragam. Itu sebabnya setiap buku selalu ada peminatnya. Hanya dibedakan oleh laris tidaknya buku tersebut. 

Selalu ada sisi baik dan buruk dari setiap pemikiran manusia. Orang bijak selalu mengambil yang bermanfaat dan meninggalkan yang tidak perlu. Manusia dianugerahi kemampuan berpikir untuk memilah dan memilih yang terbaik. Selalu ada hikmah dibalik setiap peristiwa dan orang bijak mengambil manfaat darinya.

Kemampuan berpikir setiap orang unik, beragam dan karenanya berbeda satu sama lain. Perbedaan dan keberagaman tidak untuk di pertentangkan, tapi bisa saling melengkapi dan memperkaya.

Tuhan bisa dengan mudah menciptakan kita seragam sesuai keinginan Nya. Tapi Dia justru menciptakan kita berbeda-beda. Selalu ada rahasia tersembunyi dibalik setiap tindakan Nya, yang menyebabkan kehidupan ini menjadi begitu menyenangkan untuk dijalani.

Seseorang berhenti belajar ketika merasa sudah paling benar dan mengetahui segala. Termasuk ketika beranggapan orang lain sudah pasti salah. Kebenaran sejati milik Dia Yang Maha Benar, sebagian diantaranya masih menjadi misteri bagi kita manusia.

Ritual mengunjungi toko buku saya lakukan sekitar 2 minggu sekali. Saya juga masih belajar, yang sering menjadi sulit ketika dihadapkan pada pilihan terbatas: hitam dan putih. Padahal diluar sana kehidupan diciptakan beraneka warna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar