Kamis, 27 Maret 2014

Galaxy Andromeda


Galaksi Andromeda tengah mendekat ke galaksi kita dan diperkirakan akan bertabrakan (collide). Tapi jangan kuatir, karena peristiwa itu diramal akan terjadi sekitar milyaran tahun lagi. Apakah kejadian ini yang nanti disebut kiamat? Masih lama dong…lol. Dapat disaksikan disini: >> http://youtu.be/2WEI8WBJkKk.

Galaksi Andromeda dapat terlihat di malam hari, dan jaraknya adalah 2.5 juta tahun cahaya artinya cahaya dari Galaksi Andromeda untuk sampai ke bumi butuh 2.5juta tahun. Padahal cahaya itu sangat cepat sehingga cahaya Galaksi Andromeda yang kita lihat malam ini adalah cahaya masa lalu, 2.5juta tahun yang lalu.

Saking jauhnya, cahaya yang dari Galaksi Andromeda baru sampai di Bumi 2.5juta tahun lamanya. jadi, kondisi Galaksi Andromeda SAAT INI, baru kita bisa tahu 2.5 juta tahun lagi. Galaksi Andromeda yang terlihat di langit kita di malam hari adalah kondisinya 2.5juta tahun yang lalu. Berarti jauh sebelum riwayat bumi, sudah ada eksistensi / keberadaan dari Galaksi lain, termasuk Andromeda. Betapa maha purba nya alam semesta kita, bumi adalah planet yang terhitung sangat muda.

1 tahun cahaya = 9.460.730.472.580,8 km. jarak galaksi kita dan galaksi Andromeda: 2.5 juta tahun cahaya. Jadi berapa kilometer?

Semua cahaya bintang atau galaksi yang kita lihat di langit di malam hari, adalah cahaya dari masa lampau. Melihat cahaya bintang di malam hari, anda sedang melihat masa lalu dari bintang itu.

Menurut NASA, Galaksi Andromeda sudah terlebih dahulu ada sebelum Galaksi Bima Sakti (Galaksi dimana bumi kita ada). Bumi adalah 1 dari jutaan planet dan bintang di Galaksi Bima Sakti. Dan Bima Sakti adalah 1 dari Jutaan Galaksi di alam semesta.

Semacam misteri kosmos bahwa penghuni galaksi tertentu tidak mungkin bisa pergi ke galaksi lain. Jaraknya jutaan tahun cahaya. Manusia hidup paling kuat maksimal 100an tahun. Sementara perjalanan menuju galaksi lain, butuh usia milyaran tahun baru bisa. Lagi pula tidak mungkin, bahan bakar untuk terus mendorong pesawat luar angkasa untuk ke galaksi lain, tidak akan cukup. Dalam perjalanan ke galaksi lain, halangannya sangat banyak, bisa terjebak ke nebula, kalau apes masuk ke black hole.

Di Galaksi lain apa ada kehidupan juga ya? Banyak orang berpikir bahwa matahari adalah pusat dari Galaksi Bima Sakti. Bukan. Matahari adalah penerang di tata surya kita yang ada planet Merkurius, Venus, Bumi, Mars dll. Masih ada banyak sekali tata surya lainnya di Galaksi Bima Sakti. Untuk menjelajah habis galaksi kita sendiri saja tidak mungkin, meskipun pakai ikan terbangnya indosiar. Di Galaksi Bima Sakti saja, ada jutaan "matahari" lainnya yang menjadi penerang di seluruh bima sakti.

Dalam setahun belakangan ini saya coba memahami alam semesta. Kesimpulannya: masih terlalu rumit untuk dimengerti. Dibatasi oleh keterbatasan pikiran dan misteri yang terlalu besar. MISTERI: bumi kita ini hanya setitik kecil debu di hadapan alam semesta. Ada apa di galaksi-galaksi lain itu? Apakah alam semesta ini yang diciptakan bermiliar-miliar tahun yang lalu, jauh lebih tua dibanding usia bumi sendiri, hanya semata untuk menyambut kehadiran manusia di bumi? Terlalu sederhana untuk sebuah kerumitan luar biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar