Sabtu, 31 Januari 2015

Sejarah & Fungsi 'Black Box'

Kenapa disebut kotak hitam kalau warnanya oranye?

Awal 1900 an, Wright bersaudara menemukan alat pencatat putaran baling-baling selama penerbangan. Ini cikal bakal apa yang sekarang disebut kotak hitam. Tahun 1950-an, alat itu dikembangkan dan kemudian menjadi pencatat penerbangan pertama, yang kemudian selalu disebut sebagai kotak hitam.

Ketika pesawat jatuh atau hampir jatuh, prioritas utama penyelidik kecelakaan adalah menemukan kotak hitam yang tidak berwarna hitam sama sekali. Sejak thn 1960-an, sedikitnya 900 pesawat hancur karena jatuh, dan kotak hitam (kalau ditemukan) selalu dalam keadaan utuh.

Kotak hitam mulai di kenal pada tahun 1953, sehubungan dengan jatuhnya Comet, pesawat jet pertama. Dan tidak ada yang tahu kenapa hal itu terjadi. Diperlukan biaya yang sangat mahal saat itu untuk mencari tahu apa yang terjadi dengan pesawat Comet sehingga jatuh.

1957, badan penerbangan sipil AS menganjurkan semua pesawat dengan berat lebih dari 9 ton perlu membawa alat pencatat data penerbangan. Yang dicacat saat itu adalah kondisi-kondisi mendasar pesawat, misalnya arah, kecepatan, ketinggian, percepatan vertikal dan waktu.

Kotak hitam terdiri dari 2 bagian, perekam suara kokpit selama 2 jam, dan perekam data penerbangan selama 24 jam terakhir. Generasi terbaru kotak hitam, harus tahan pada suhu 1.100 derajad celsius selama sejam, tahan panas 260 derajad celsius selama 10 jam.

Kotak hitam juga harus tahan terhadap 3.400 G percepatan. Manusia pada umumnya akan hilang kesadaran jika memgalami 5G selama 5 detik. Kotak hitam juga harus tahan pada tekanan dasar laut yang paling dalam, dan bisa bertahan di air asin selama sebulan.

Semua proses berteknologi tinggi untuk membuat kotak hitam sekarang ini memerlukan 20-30 ribu dollar AS per unitnya. Pembuat kotak hitam generasi baru seorang Ausie, namanya David Warren, ayahnya meninggal dalam kecelakaan pesawat udara pertama di Australia. David Warren berumur 10 tahun ketika ayahnya meninggal dalam kecelakaan udara, hadiah terakhir. dari ayahnya adalah radio kristal kecil.

Tahun 1953, ketika pesawat Comet jatuh. Saat itu David sudah jadi periset di Aeronautical Research Laboratory (ARL) di Melbourne. David Waren segara menyadari bahwa rekaman suara pilot dan pembacaan alat bisa memberikan petunjuk yang berharga tentang penyebab jatuhnya pesawat. Dari situ David membuat "kotak hitam" yang pertama, tapi rupanya orang-orang Australia tidak berminat. Ide David tidak digubris saat itu.

1958, ARL kedatangan tamu Sir Robert Hardingham dari Air Registrasion Board Inggris, dia memuji ide cemerlang "kotak hitam" nya David Waren. Atas undangan Hardingham, David Warren dan "kotak hitam" pertamanya terbang ke London. Dan banyak perusahaan di sana yang melihat kegunaannya.

"Kotak hitam" baru diwajibkan di Australia setelah Fokker Friendship jatuh di Mackay, Queensland pada tahun 1960. Tahun 1963, Australia menjadi negara pertama yang memiliki perekam suaara di kokpit pesawat udara. Benar-benar tidak jelas mengapa disebut sebagai "kotak hitam". Teori yang populer: setelah terkena api warna yang oranye akan jadi hitam karena jelaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar