Selasa, 07 Oktober 2014

Pentingnya Presentasi


Apapun profesi kita, kemampuan membuat presentasi akan sangat berguna bagi karir kita, Seringkali momen presentasi adalah momen sekali seumur hidup: Presentasi sukses = pemenang

Presentasi gagal = pecundang. Begitu pentingnya momen presentasi ini hingga ada yang bisa mengubah nasibnya 180 derajat dalam satu presentasi.

Mengingat pentingnya presentasi ini maka kami sarankan teman-teman untuk mempersiapkan presentasinya sebaik mungkin. Sayangnya sangat sedikit diantara kita yang mampu membuat "presentasi yang meyakinkan", apalagi presentasi berkelas dunia.

Kita tahu Bill Gates dan Steve Jobs adalah jagonya membuat presentasi yang memukau. Sesungguhnya presentasilah kunci sukses mereka. Presentasi Bill Gates dihadapan petinggi-petinggi IBM adalah presentasi tersukses dunia. Bayangkan, Bill Gates bisa meyakinkan petinggi-petinggi IBM untuk menggunakan sistem operasi DOS-nya yang tidak dia miliki itu. Dan sejarah mencatat bahwa dari presentasi itulah dia kemudian berhasil menjadi orang terkaya di dunia.

Jadi, segala ketekunan, segala talenta, segala pengorbanan dan jerih payah tidak akan bernilai apapun saat presentasi kita jeblok. Namun sebaliknya, tanpa memiliki apapun kita bisa mengubah nasib diri bahkan nasib dunia hanya dengan suatu presentasi yang sukses.

Seorang yang hanya bermodal ide bisa mewujudkan mimpinya memiliki usaha sendiri jika sukses mempresentasikan idenya dihadapan para investor. Seorang karyawan bisa melesat karirnya ketika presentasi gagasannya bisa diterima pimpinan perusahaan. Bahkan seorang pencari kerja bisa dengan mudahnya diterima manakala dia sukses mempresentasikan dirinya pada perusahaan tempatnya melamar.

Seorang guru yang pandai membuat presentasi yang memukau tentulah akan menjadi guru yang sangat memukau pelajarannya. Seorang tenaga marketing yang bisa membuat presentasi yang mengunci closing tentulah menjadi marketing yang sangat sukses.

Mengingat demikian pentingnya presentasi, lantas mengapa kita tidak belajar membuat presentasi yang berkelas dunia? Kita seringkali menganggap sudah cukup bisa membuat presentasi dengan modal tool-tool dasar Microsoft Power Point. Padahal untuk bisa membuat presentasi berkelas dunia kita perlu lebih dari sekedar itu. Segala sesuatu memerlukan pemahaman detail.

Saya sendiri dulu sempat menganggap cukuplah punya dasar-dasar membuat presentasi biasa saja. Ternyata itu salah besar. Setelah belajar di workshopnya Dhony Firmansyah barulah saya menyadari betapa tidak memadainya kemampuan saya tersebut. Dan setelah belajar cara membuat presentasi berkelas dunia itulah saya merasakan bedanya. 


Bisnispun berkembang, tak ada lagi penolakan-penolakan dari klien. Semua berkat presentasi yang memukau dan mampu memaksa audience untuk setuju. Kita tidak tahu keajaiban apa yang akan kita dapatkan dari kemampuan membuat presentasi yang profesional itu. Namun yang bisa dipastikan adalah kemampuan membuat presentasi yang profesional akan sangat bermanfaat bagi profesi kita, apapun itu. Silahkan mengubah masa depan masing-masing dengan kemampuan membuat presentasi yang luar biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar