Kamis, 24 Oktober 2013

Kisah Tentang Pajak & Piramid


Catatan pertama tentang keberadaan dan pemungutan pajak adalah di masa Dinasti Pertama Mesir Kuno (3000-2800 SM).

Uniknya, Mesir Kuno juga yang pertama memperkenalkan pajak bersifat variabel, yaitu berdasarkan tinggi air Sungai Nil. Semakin tinggi air sungai Nil, semakin tinggi pungutan pajak, karena tanah subur makin luas dan panen meningkat, dan sebaliknya.

Lewat pajak inilah para Firaun menggaji para pendeta (yang merangkap ilmuwan), sehingga peradaban Mesir Kuno jadi maju. Para pendeta inilah yang mengamati Bintang Sirius dan menyusun kalender. Kalender yang presisi menunjukkan waktu tanam paling tepat. Orang Mesir mulai menanam saat Banjir Besar Nil surut. Kapan banjir datang dan surut adalah kunci kemakmuran Mesir via penanaman Gandum.

Di masa lalu pada pemerintahan theocracy, pajak dan derma (termasuk zakat) adalah satu dan tidak dibedakan. Selama ribuan tahun (3000 SM-600 M), Mesir menjadi lumbung gandum dunia. Berkat Kalender Sirius dan Sungai Nil. Stabilitas via kemakmuran. Bagaimana dengan kualitas hidup warga mesir? Tergantung tinggi air Sungai Nil, tapi secara umum sejahtera dibanding peradaban lain sezaman.

Berkat gandum, Mesir pernah menjadi pemilik emas terbanyak di dunia, tanpa memiliki satupun tambang emas. Gandum ditukar emas.

Apa yang dilakukan orang Mesir saat Sungai Nil banjir? Nganggur? Tidak. Firaun menggaji mereka membangun Piramida. Semua piramida dibangun oleh pekerja upahan, warga Mesir. Bukan oleh budak apalagi Alien. Gaji buruh Mesir dibayar dalam bentuk gandum. Di masa itu gandum, emas dam perak adalah alat tukar.

Memang ada yang berpendapat bahwa pembangunan piramid dilakukan oleh budak, karena konsep labor (bukan individu) dihargai alat tukar baru ada setelah kapitalisme. Selama ini anggapan budak itu adalah Bani Israel seperti yang ada dalam film. Anggapan yang keliru. Orang Israel menjadi budak pembuat bata di Delta Nil, bukan membuat Piramid.

Tapi Piramid memang mahal sekali. Cuma ada sekitar 140 piramid. Ada faraoh yang bangkrut gara-gara proyek piramid. Buruhnya jadi mogok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar