Senin, 01 Desember 2014

Bumi Kita


Galaksi Milky Way di mana bumi kita berumah, punya lebih dari 100 milyar sistem matahari. Bumi kita hanya debu kecil yg sangat sepele. Di dalam debu kecil bernama bumi itu, kadang lucu sekali melihat manusia bertengkar satu sama lain atau gemar berdebat.

Teleskop ruang-angkasa Kepler milik NASA sudah menemukan sekitar 54 biji planet mirip bumi yang potensial dihuni. Semuanya di galaksi kita ini. Ada satu eksoplanet (planet di luar matahari kita) mirip bumi kita yang sudah dikonfirmasi oleh teleskop Kepler. Dinamai Kepler-22b. Jarak planet Kepler-22b dari bumi kita sekitar 600 tahun cahaya. Dalam skala alam raya, ini jarak yang sangat dekat.

Apakah manusia, suatu saat, bisa relokasi ke planet-planet yang mirip bumi itu dan membangun peradaban baru? Wallahu a'lam. Yang jelas, usaha sains modern untuk mengungkap misteri alam raya ini, dan mencari planet-planet baru yang mirip bumi, tak pernah berhenti. Andai semua penduduk Bumi migrasi massal ke planet lain, lantas bagaimana dengan nasib ibadah haji?.

Membaca temuan-temuan baru dalam astronomi modern tak kalah menakjubkan dan lezatnya dari kisah-kisah yang ditulis oleh Borges. Yang mengagumkan adalah bahwa manusia mampu menyingkap, pelan-pelan, misteri alam raya yang luasnya tak tepermanai itu. Kuncinya: sains.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar