Jumat, 06 Maret 2015

Si Pemecah Mesin Kode Rahasia


Setelah menonton film “The Imitation Game” saya baru tahu Alan Mathison Turing. Tidak banyak yang tahu Alan Mathison Turing, kecuali mereka yang sudah nonton Imitation game, padahal orang ini sangat berpengaruh pada kehidupan kita. Kalau tidak ada Alan Turing, besar kemungkinannya mendekati 100%, kita tidak bisa saling berkomunikasi di media social seperti sekarang ini.

Tentu saja banyak hal yang dilebih-lebihkan di film-film Hollywood, termasuk dalam Imitation game, tapi memang benar riwayat Alan Turing sangat sedih. Alan Turing adalah ahli matematika dan saintis hebat, pelopor pembuat komputer. Sejarawan militer menyebutnya sebagai pemecah kode Enigma!

Mesin kode Enigma (sejenis komputer) yang digunakan oleh Jerman selama PD II untuk mengacak pesan yang disampaikan melalui telekomunikasi radio. Enigma ini benar-benar membuat Jerman unggul di semua penjuru Eropa, pihak Sekutu selalu gagal memecahkan sandi-sandi mesin ini.

Sir Harry Hinsley, orang yang bekerja bersama Turing, berspekulasi kalau Enigma tak terpecahkan, penyerbuan sekutu ke Eropa bisa molor. Peristiwa Stalingrad dan pendaratan Sekutu di Normandia, akhirnya diakui sangat bergantung dari mesin pemecah kode bikinan Alan Turing. Tanpa pemecahan kode Enigma, penyerbuan sekutu ke Eropa baru bisa dilakukan tahun 46-47, tidak tanggal 6 juni 1944. Apalagi kalau setelah bulan juli 1945, bom atom AS tentunya akan lebih banyak makan korban kalau perang dunia II berkepanjangan. (secara tidak langsung, kemerdekaan RI juga bergantung pada hasil kerja Alan Turing ini).

Saat itu, Jerman juga makin menyempurnakan ‘prototip rudal’ V2 yg membawa senjata biologis dan kimia. Perang harus segera diakhiri. Kengerian-kengerian yang menghantui itu untungnya tidak pernah terjadi, karena PD II selesai pada agustus 45, sebagian besar berkat karya Alan Turing cs.

Karena jasanya yang besar, Turing saat itu mungkin disanjung, bahkan dikagumi dan dipuja, ada patungnya yang didirikan ditengah kota London. Sayang sekali, tanggal 9 Juni 1954 di usia 42 tahun, Turing menaburkan bubuk sianida ke atas apel untuk mengakhiri hidupnya, sedih sekali. Tentu saja dengan kematian Turing, bersamanya mati juga kecerdasannya yang amat tinggi dan apapun yang mungkin dapat disumbangkan untuk kemanusiaan.

Alan Mathison Turing, seorang yang berjasa besar bagi kehidupan, tapi hidupnya tragis dan dia terlupakan. Alan Turing lahir di London, 23 juni 1912. Dengan kejeniusan ilmiah, serta minatnya dalam hal-hal ilmiah sudah tampak sejak dia masih kanak-kanak. Tapi konon, Turing tidak berminat dalam hal sejarah, bahasa latin, bahasa inggris atau bidang-bidang yang serupa itu. Tahun 1931, Turing masuk King’s College, Cambridge University, tempat dia memfokuskan diri pada matematika dan ilmu pasti lain,

Turing lah orang pertama yang memulai mengembangkan cikal bakal dari komputer digital yang diberi nama “mesin Turing.” Mesin Turing membaca angka satu dan nol dari pita, yang menguraikan tugas ttt yang harus dilakukan. Ini adalah prinsip-prinsip komputer digital modern juga. Kunci prinsip mesin Turing adalah memberikan instruksi kepada komputer dengan tepat, kemudian komputer akan melakukan tugasnya.

Alan Turing berpendapat bahwa suatu ‘algoritme’ dapat dikembangkan untuk menyelesaikan masalah apapun. Sekarang pendapatnya jadi kenyataan. Satu-satunya bagian yang tersulit yang dihadapi Turing adalah menguraikan masalah itu menjadi langkah-langkah yang dikenali oleh komputer.

1920an, Jerman menciptakan mesin pembuat kode "Enigma" yang membuat mereka yakin bahwa pesan-pesan rahasia yang mereka kodekan tidak bisa dipecahkan. Tapi di awal 1930an, seorang ahli matematika Polandia mulai mencoba memecahkan kode Enigma, ide ini diselesaikan dengan sempurna oleh Turing.

Turing memimpin tim ilmuwan dan ahli matematika yang dibentuk di Bletchley Park di luar kota London dengan tujuan khusus: memecahkan kode Enigma! Tim Turing membuat sebuah komputer pertama yang disebut “Colossus”. Mesin ini dioperasikan dengan 1.500 tabung vakum yang bekerja nonstop 24 jam/hari.

Seiring waktu, model yang diperbaharui dirakit tapi dirahasiakan. Diyakini para ahli bahwa ada 10 buah komputer Colossus yang dibuat tim Turing. Apapun yang terjadi, fakta bahwa mesin Turing membantu memecahkan kode Enigma merupakan terobosan yang menjadi rahasia terbesar pada PD. Dalam istilah praktisnya, artinya sekutu mengetahui dengan tepat rencana apa yang akan dilakukan Jerman sebelum mereka melakukannya. Seberapa besar pengaruhnya? Ini sangat membantu Sekutu memutuskan dimana menyerang pada D-day dan mengelabuhi Adolf Hitler dalam prosesnya.

Tapi ada kalanya juga terjadi krisis, dimana orang jerman mulai menggunakan variasi dari Enigma untuk mengarahkan kapal selamnya dengan kode baru. Dalam keadaan seperti ini, apa yang diketahui Turing dkk jadi seperti tidak berguna, mereka tidak bisa memberi peringatan apapun kepada siapapun. Hasil variasi kode Enigma Jerman ini sungguh mengerikan, banyak kapal perang sekutu beserta awaknya berhasil ditenggelamkan di laut. Dalam keadaan seperti itu, Turing dkk tidak dapat melakukan apa-apa kecuali mencoba dengann tergesa-gesa untuk memecahkan kode baru Enigma tersebut.

Akhirmya, dalam skenario yang sedramatis itu, semua tergantung kepada Turing seorang, konon dia bekerja sendirian di dalam pondok sampai kelelahan. Kecerdasan dan penalaran Turing yang luar biasa akhirnya dapat memecahkan variasi-variassi kode Enigma yang baru, komputer Colossus kembali jadi perkasa.

Setelah PD II berakhir, Turing mengerjakan berbagai mesin yg diyakininya akan menggantikan kecerdasan manusia, ini juga jadi kenyataan. Turing yakin bahwa sebuah mesin dapat dikembangkan meniru kecerdasan manusia, dan benar bahwa inspirasi itu dikatakan ketika kehilangan kekasih. Turing secara harfiah, mencoba mengembalikan cintanya yang hilang ke dalam hidupnya, melalui mesin-mesinnya. Khas terjadi pada orang yang tidak biasa. Alan Turing menulis makalah yang sekarang dikenal sebagai “tes Turing,” sebuah tes standart untuk mengevaluasi kecerdasan sebuah mesin.

Rasa putus asa Turing yang berujung pada bunuh diri dipicu oleh cercaan masyarakat, khususnya media, bahwa dia seorang homoseksual, menyedihkan. Sebetulnya praktek homoseksualitas Turing tidak pernah diutak atik oleh siapapun selama PDII berlangsung. Setelah damai mulai banyak yang resek. Turin diadili dan oleh pengadilan dipaksa lakukan terapi hormon utk mengobati homoseksualnya. 9 Juni 1954, Turing senganja memakan apel yang sudah ditaburinya dengan bubuk potasium sianida, mati pula kecerdasan yang sangat mengagumkan itu.

Apapun yang terjadi, mesin yang dibuat Alan Turing bertahan sampai sekarang sebagai salah satu penciptaan paling besar sepanjang masa. Yaitu: KOMPUTER.

Agustus 2009 , John Graham - Cumming memulai petisi mendesak Inggris meminta maaf kepada anumerta Turing atas hukuman yang diberikan. PM Gordon Brown mengakui petisi, merilis pernyataan 10 September 2009 minta maaf dan menjelaskan pengobatan Turing sebagai ”mengerikan.” Desember 2011 , William Jones membuat e-petisi, meminta Pemerintah Inggris membebaskan Turing dari tuduhan ”perlakuan tidak senonoh." 24 Desember 2013 , Ratu Elizabeth II menandatangani grasi atas segala tuduhan dan hukuman bagi Alan Turing.

1 komentar: