Jumat, 01 Mei 2015

Apakah Anda Dave atau Jim?

Satu siang yang panas, sekelompok pekerja tampak memperbaiki sebuah lintasan kereta api. Saat itu sebuah limousine mewah berhenti. Jendela mobil terbuka. Dari bangku penumpang, seorang pria necis berteriak ke arah para pekerja itu. "Dave Anderson? Kamukah itu?" Seorang pekerja bernama Dave Anderson menengok dan berteriak, "Ya Jim, ini aku." Pria di dalam mobil yang dipanggil Jim itu kemudian mengundang Dave masuk ke mobilnya dan Dave pun masuk.

Keluar dari mobil, para pekerja menatap Dave takjub. Mereka tahu pria bernama Jim itu adalah Jim Murphy, bos perusahaan yang menangani proyek rel yang mereka kerjakan. Bagaimana Dave bisa mengenal, bahkan tampak akrab dengan sang bigbos, bahkan memanggilnya dengan nama depan saja. Dave menghela nafas dan bercerita, "Aku kenal Jim 20 tahun yang lalu. Dulu kami bersama2 membangun rel. Bedanya, Jim bekerja membangun rel kereta api sedangkan aku bekerja sekedar untuk dapat 2 dolar." Alasan bekerja itulah yang membuat nasib kedua sahabat itu kini berbeda jauh.

Bagaimana Anda memandang pekerjaan menentukan prestasi dan pencapaian Anda! Bekerjalah bukan hanya untuk gaji bulan ini, tapi untuk memberikan kontribusi bagi perusahaan, tim dan masyarakat. Selesaikan tugas yang diberikan kepada Anda Bekerjalah bukan semata2 demi menggaet uang konsumen, tapi karena Anda tahu "dagangan" Anda bermutu dan membuat hidup mereka jadi lebih baik. Bekerjalah bukan untuk makanan yang dapat binasa. Uang dapat habis dalam waktu singkat, tapi reputasi kita bertahan hingga kita tiada. Jabatan akan usai saat kita pensiun, tapi kontribusi positif Anda pada orang2 di sekitar Anda bisa diteladani hingga lintas generasi.

Apakah Anda Dave atau Jim? Andalah yang bisa menjawabnya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar