Senin, 23 Februari 2015

Piring Terbang

Insiden Roswell UFO terjadi di Amerika Serikat pada Juni atau awal Juli 1947, ketika sebuah obyek udara jatuh di sebuah peternakan dekat Roswell, New Mexico. Meskipun kecelakaan tersebut diberitakan militer Angkatan Udara sebagai balon udara project pengawasan rahasia oleh pemerintah AS, namun kejadian yang telah dilihat banyak fihak itu telah terlanjur di anggap sebagai objek piring terbang (flying saucer), sebuah pesawat ruang angkasa yang didalamnya ada kehidupan atau mahluk di luar bumi. Sejak akhir 1970-an, insiden Roswell telah menjadi kontroversi dan berbagai teori konspirasi kemudian muncul tentang kejadian tersebut.

Jika sekarang ditanyakan apakah piring terbang itu ada apa enggak, meskipun hampir semua nggak pernah lihat, mayoritas bilang ada. Bahkan kalau ditanya kenapa disebut piring terbang pun nggak ada yang tahu, apalagi kalau ditanya mulai kapan. Anehnya tetap saja banyak yang percaya.

Ya tentu saja setiap orang akan punya versinya sendiri tentang keyakinannya akan piring terbang dan aliens, sesuai dengan imajinasinya masing-masing. Seperti misalnya orang Amerika, mayoritas percaya soal piring terbang dan peristiwa Roswell, dengan segala pernak-pernik cerita nggak jelas itu.

Dalam fikiran banyak orang Amerika peristiwa Roswell itu benar-benar ada, bahwa ditemukan serpihan-serpihan dan beberapa alien mati akibat tabrakan UFO. Bahkan mereka percaya reruntuhan dan jasad alien itu kemudian disembunyikan pihak militer AS, serta peristiwa Roswell itu sengaja ditutup-tutupi.

Jauh sebelum film Independence Day dibikin gosip tentang peristiwa Roswell sudah ada, tapi makin banyak yang percaya setelah film fiksi itu dibuat. Hanya sedikit yang tahu bahwa istilah “piring terbang” sebenarnya bersumber dari wartawan yang menulis peristiwa Roswell di koran tahun 1947.

Jadi gini ceritanya. Kalau dirunut gosip Roswell memang seperti sengaja dikaburkan oleh banyak pihak, termasuk oleh militer sendiri. Tentu ada maksud. Berawal dari klaim Keneth Arnold, seorang pilot, yang menyatakan dirinya telah melihat UFO sekitar pukul 15.00 tanggal 24 juni 1947. Saat itu Keneth terbang dekat gunung Rainer di Washington. Dia mengatakan melihat 9 obyek keperakan berbentuk piringan melaju cepat. Keneth menggambarkan kegesitan 9 pesawat itu: “seperti piring pai (pie) yang meluncur di atas air.”

Kemudian wartawan menuliskan frasa “piring terbang” di koran. Sejak itu istilah tersebut melekat sampai sekarang. Dan tulisan laporan dikoran-koran itu mengawali kehebohan yang histeris dan singkat terkait penampakan UFO. Seminggu kemudian koran reda. Tapi tidak jelas sebabnya mendadak pada awal Juli 1947 banyak laporan UFO muncul dimana-mana. Klaim Keneth mengalami efek domino. Tentu kita tanya, lantas apa kaitannya fenomena yabg diklaim Keneth di Washington dengan peristiwa Roswell ini?.

Semua tahu saat itu bahwa pangkalan AU Roswell adalah “rumah” bagi Bomber Wing ke-509. Regu pengebom paling diandalkan Amerika. Saat itu AS sudah meledakkan 3 bom atomnya, 1 di uji di New Mexico, yang 2 dijatuhkan di Jepang. Dengan demikian AS berhasil menggertak negara-negara lain seolah-olah mereka punya bom atom yang berlimpah. Padahal hingga 1947 AS hanya berhasil bikin beberapa biji nuklir. Bomber Wing 509 di Roswell adalah satu-satunya yang bisa membawa bom atom. Jadi ya lumrah kalau pangkalan Bomber Wing ke-509 di Roswell itu dijaga sangat ketat, dan bila perlu dirahasiakan.

Kemudian, kedua pihak (militer dan pemegang teori konspirasi) melontarkan kebohongan agak kecil, kebohongan kecil dan kebohongan besar. Mereka juga dengan sengaja mengungkapkan hal-hal yang tidak mereka maksudkan untuk mereka katakan, alias tidak ada. Sebaliknya, dengan sengaja pula mereka tidak mengatakan hal-hal sebenarnya mereka ketahui dan yang seharusnya dikatakan kepada kita. Orang-orang itu juga mengubah kisah-kisah mereka dari waktu ke waktu. Jadi, mereka sama seperti kita semua. Sama-sama suka khayalan.

Peristiwa Roswell sebenarnya erat kaitannya dengan Proyek Mogul, AS melepaskan balon-balon berteknologi tinggi yang sangat rahasia. Balon-balon Proyek Mogul ini dimakaudkan untuk mendengar suara-suara pengujian nuklir yang mungkin dilakukan Soviet di tahun 1947 itu. Pada tahun 1995, Prof Charle B Moore, ilmuwan yang mengerjakan Proyek Mogul, secara terbuka mengungkapkan rahasia peristiwa Roswel itu. Moore menjelaskan bahwa puing-puning aneh yang ditemukan di Roswell sebenarnya berasal dari penerbangan 4NYU yang kehabisan baterai dan jatuh. Dan keterangan Prof Charles B Moore didukung oleh 2 orang ilmuwan lain yang juga terlibat Proyek Mogul yang kebetulan masih hidup di tahun 1995. Peristiwa Roswell sudah menjadi mitos yang perlu dilestarikan oleh banyak pihak. Dan melahirkan efek domino kekonyolan-kekonyolan seputar alien. Dan kemudian piring terbang dan alien itu dipercaya, ditafsirkan dan dikembangkan menurut kepercayaannya masing-masing….LOL.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar